Friday, September 08, 2006

THAIF

Thaif adalah sebuah daerah yang terletak hanya 80 km dari Mekah tetapi mempunyai iklim yang sungguh berbeda dengan Mekah. Di Mekah mungkin kita sudah kepanasan karena suhu 48 derajat celcius, sedangkan di Thaif udaranya sejuk seperti di Bandung saja. Subhanallah! Thaif terkenal sebagai supplier sayur mayur dan buah-buahan di Arab Saudi. Thaif di berkahi dengan kesuburan tanah meski komposisi bebatuannya lebih banyak. Buah dan sayur yang terdapat di pasar tradisionalnya saja cantik dan segar sekali. Saat berkunjung ke sana aku mencicipi buah delima dan rasanya sungguh nikmat. Belum pernah aku makan delima senikmat ini dan menurut cerita memang buah delima dari Thaif sangat terkenal. Walhasil aku beli juga sekotak seharga 30 real, isinya sekitar 20-25 buah.
Untuk memasuki Thaif diperlukan izin khusus dan pemeriksaan yang cukup ketat saat memasuki Thaif dan memakan waktu cukup lama. Mungkin karena di sana terdapat sekolah militer dan gudangan senjata pemerintahan Arab Saudi. Alhamdulillah… Aku di beri kesempatan untuk mengunjunginya.
Saat pulang aku dan rombongan berencana naik sky lift atau kereta gantung atau gondola sembari melihat keindahan pemandangan dari ketinggian. Sayang sekali ternyata hujan lebat turun sehingga sky lift tidak dioperasikan. Naik sky lift di sana sungguh bikin dada berdegup (tapi entah kenapa aku senang sekali). Kalau di Jakarta sky lift berjalan lurus tidak naik turun sedangkan di sana turun curam, apalagi di bawahnya batu-batu besar dan tidak kelihatan ada tanah kosong.
Begitulah ceritanya.... :)
Si Arab yang kerjanya teriak-teriak "hadza musykilah" dan neriakin gondola-gondola yang berpapasan dengan gondola kami. Yang satu lagi Abdullah yang snewen saat gondola mulai bergerak turun soalnya turunnya ternyata curam, hihi.... nyalinya ternyata gak segede badannya (sori king!)

Salah satu pemandangan Thaif di siang hari

Pemandangan malam yang terlihat dari sky lift.
Di bawah kami hanya gunung batu hingga terminal nun jauh yang terlihat ada lampu.

Buah-buahan di pasar tradisional Thaif. Anggurnya enak banget


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home